Rabu, 20 Februari 2013

jr# 4 " pembelajaran BOOTSTRAP "

tak terasa sudah memasuki minggu yang ke-4 yaitu tentang BOOTSTRAP. bootstrap adalah suatu cara mengumpulkan untuk mrmulai usaha ,biasanya berasal dari kantong sendiri,saudara atau teman.
dengan melakukan bootsrapping ada beberapa keuntungan untuk memulai suatu usaha baru:
  • tidak ada beban bunga hutang. walau ada biasanya sangat negotiable dan kecil  apalagi kalau sebagian besar dari kantong sendiri.dengan tidak adanya beban bunga maka usaha yang dijalankan akan ringkan beban costnya dan dapat menurutkan harga jual.
  • mengurangi campur tangan orang lain.baik dari sisi manajemen maupun pembagian keuntungan ,dengan demikian ide usaha menjadi 100% akan dapat diterapkan disini.dan semangat entrepreneurship masih ada ditangan anda secara utuh .
  • jangka pengembalian modal fleksible. karena berasal dari saudara dan teman,jangka waktu pengambilan dapat diatur sesuai kemampuan dan tingkat kemajuan usaha.tapi ingat ,harus tetap dikembalikan ! namanya juga hutang he..he  
metode ini ada juga kelemahannya:
  1. untuk mengumpulkan modal dari beberapa orang membutuhkan waktu, dan bisa menggangu kosentrasi ke usaha. 
  2. dalam jangka panjang hutang kepada teman dan saudara menimbulkan perasaan hutang budi walaupun hutang sudah dilunasi.        
dengan metode boostrapping  ini dapat memulai usaha dan mewujudkan ide, walaupun usaha skala kecil tapi bila kita dilakukan dengan benar tidak mustahil akan berkembang menjadi besar suatu saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar