Selasa, 12 Maret 2013

JR# 5 KAIZEN 5R BUDAYA KERJA

              kaizen :
-perbaikan lingkungan kerja produktivitas karyawan
-kaizen berasal dari bahasa jepang "kai" yang artinya "perubahan"atau "perbaikan"dan"zen"   yang artinya :"baik".
-kaizen merupakan sistem pengambang produktivitas,kualitas,teknologi,proses produksi,budaya kerja,keamanan kerja,dan kepemimpinan yang dilakukan terus menerus.
-salah satu metode perubahan dan perbaikan yang dilakukan banyak perubahaan adalah menerapkan 5S / 5R.
5S/5R adalah cara untuk meningkatkan produktivitas dengan melakukan kegiatan menata tempat kerja.karena lingkungan kerja yang nyaman,dan teratur,dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang tinggi diperusahaan.
      5R etos kerjo orang jepang :
  • jepang selama ini kita kenal sebagai salah satu negara didunia yang memiliki etos kerja yang hebat.
  • 5S berasal dari 5S kata dalam bahasa jepang,yaitu :seiri, seiton, seiketsu, dan shitsuke.
  • 5S itu diterjemakan sebagai 5R :ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin.banyak perusahaan sudah mengadopsi budaya kerja 5R ini.    
seiri ( ringkas )
- prinsip kerja ini merupakan prinsip kerja pemilahan barang.sering kali kita jumpai suatu  lingkungan kerja dengan kondisi barang yang tidak tertata rapi dan terkesan semrawut.- dalam fase pertama ini, kita harus memilah antara barang yang masih digunakan,dan yang tidak.antara barang reject dan yang siap pakai.barang-barang tersebut harus dipilah sesuai dengan tempatnya masing-masing agar suasana kerja menjadi lebih rinngkas.
-beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam meringkas adalah sebagai berikut:
          # frekuensi penggunaan barang ( jarang,sering,selalu )
          # fungsi kerja barang (rusak,perlu perbaikan,bagus )
- dengan melakukan fase yang pertama ini, kita akan mendapatkan keutungan antara lain
  1. area kerja menjadi luas, dan banyak space yang bisa dimanfaatkan.apabila kita menggunakan space sewa, kita dapat mengurangi biaya sewa tersebut
  2. mencegah dis-fungsional dari barang yang ada .yang seharusnya sudah rusak,dapat diketahui, dan tidak akan dgunakan atau dikirim
  3. mengurangi jumlah penggunaan media penyimpanan dan material handling tools.misalnya barang yang tadinya letaknya berjauhan,karena sudah diringkas menjadi lebih dekat dan transport.demikian juga dengan penggunakan media storage seperti  pallet .pallet akan lebih efisien digunakan setelah prinsip kerja ringkas dilakukan.
seiton (rapi )
  •   rapi merupakan fase kedua dalam prinsip kerja 5R. fase ini merupakan kelanjutan dari fase yang pertama.setelah barang-barang diringkas , selanjutnya barang tersebut dirapikan sesuai dengan tempat penyimpanan dan juga standar penyimpanannya .
  • proses me-rapi-kan ini dapat dikerjakan sesuai dengan metode jenis materialnya ,maka barang-barang tersebut jua harus dirapikan sesuai dengan jenis materialnya.
  • yang akan diperoleh jika prinsip yang kedua ini berjalan adalah :
                     - mempermudahkan pencarian  barang karena barang-barang sudah terletak pada
                        tempatnya
                     - mempermudah stock counting karena barang-barang sudah dirapikan sesuai
                        dengan stnadar penyimpanan
                     - kondisi kerja akan telihat jauh lebih rapi dan sedap dipandang mata
              *rapi :hal-hal yang perlu dikerjakan:
                    - hilangkan barang-barang yang dihampar dilantai ,kolong dan sudut-sudut ruangan
                    -  tata hingga barang mudah ditemukan ,digunakan dan diambil
                    - buat mudah dilihat dimana barang tersebut berada
                    - buat mudah untuk mengetahui barang tersebut tidak ditempatnya
             *efektivitas kegiatan rapi dilihat dari :
                   . tanpa mencari
                   . tanpa membungkuk
                   . tanpa menggapai
                   . semua barang ada tempatnya dan semua barang ada ditempat.
             RAPI artinya :
  1.  setiap item yang masih diperlukan dalam pekerjaan , tersedia tempatnya dan jelas        statusnya  keberadaannya
  2. setiap item dan tempat penyimpanannya mempunyai nama atau kode indentifikasi yang distandarkan
  3. setiap orang mematuhi aturan penyimpanan dan sa mekanisme penyimpanan 
seiso ( resik ) :
  • resik adalah R yang ketiga juga kelanjutan dari 2R sebelumnya.sesuai namanya,resik berarti membersihkan.baik barang maupun lingkungan. 
          contoh keadaan yang disebut sebagai resik antara lain :
                - tidak ada jaring laba-laba diruangan kerja
                - tidak ada coretan tidak perlu dipintu ,hand pallet , atau rack
                - forklift tidk berada dalam kondisi kotor , terutama akibat oli mesin atau debu
  • dengan melakukan R yang ketiga ini , akan diperoleh beberapa keutungan seperti :
                - lingkungan kerja jauh lebih bersih
                - meningkatkan mood untuk bekerja karena lingkungan lebih bersih
                - kualitas barang akan lebih bagus karena tidak kotor , terutama untuk barang
                  yang sensitif terhadap kotoran seperti gear ,seal , dan bracket
                - meningkatkan image perusahaan dimata orang lain.
                   
     5 prinsip R      
  • clean ,bersihkan tempat kerja.  
            - memungut : tangan , sekop kecil , magnet stick
            - mengelap : kain lap , kanebo
            - mencuci : bahan pencuci ,washer /cleaner liquid
            - menghisap : vacuum cleaner
            - menggosok :sikat ( brusher )
            - mengecat :kuas ,cat
  • inspect ,membersihkan juga sekaligus memeriksa.A      
          seharusnya ,penyimpanan yang ada cepat dilaporkan dan lakukan perbaikan. sehingga
          pada saatnya akan dipakai untuk bekerja , kondisi telah siap dijalankan
  •  detect ,mendeteksi sumber terjadi kotoran ,ceceran ,bocoran ,dan rembesan. segera tanggulangi.yang terbaikyang seharusnya dilakukan adalah tidak melakukan kegiatan kebersihan ,namun alat selalu dalam kondisi mengkilap dan siap pakai.
  •  correct ,lakukan tindakan koreksi setelah ditemukan sumber masalah. hilangkan segera ,sebelum muncul masalah baru
  • perfect ,kondisi sempurna akan terjadi bila aktivitas perbaikan telah menyentuh hal-hal yang berkait dengan pencegahaan munculnya masalah lama dan kemungkinan bagi masalah baru
                7 langkah penerapan resik
  1. tetapkan sasaran penerapan resik
  2. membagi tugas dan tanggung jawab resik
  3. tetapkan metode kebersihan
  4. tentukan jadwal kebersihan
  5. siapkan sarana kebersihan
  6. laksanakan kebersihan
  7. membuat standard kebersihan area kerja
         kegiatan ini adalah bukan milik CLEANER SERVICE.in adalah tanggung jawab pekerja di area tersebut. operator mesin #1 , bertanggung jawab terhadapad Qualitas ,produktivitas,kebersihan alat / mesin / meja kerja dan pelaporan hasil pekerjaannya.bahkan pada tingkat penerapan TPM ( total productive maintenance ), cakupan tanggung jawab operator hingga pada level perawatan mandir

seiketsu ( rawat )
  • rawat adalah prinsip ke-4 dalam 5R .rawat dimaksudkan agar masing-masing individu dapat mennerapkan secara kontinyu ketiga prinsip sebelumnya.
  • dalam fase ini dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan 3R sebelumnya.salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat checklist terhadap pekerjaan yang harus dilakukan, terkait dengan 3R sebelumnya.
  • pelaksanaan fase rawat ini akan membuat lingkungan selalu terjaga dalam kondisi 3R secara terus menerus.
  • pemeliharaan barang-barang atau tempat kerja agar teratur , rapi dan bersih,termasuk pada aspek personal dan kaitannya dengan polusi / limbah pabrik.
shitsuke ( rajin )
  1.  prinsip yang terakhir adalh rajin.fase ini lebih mengarah kepada membangun kesadaran masing-masing individu untuk secara disipliin , masing-masing individu dapat menjalankan prinsip kerja tersebut meski tidak diawasi oleh atasan
  2. beberapa hal yang menunjukan bahwa seseorang sudah berada dilevel teratas dalam 5R ini adalah :                         
          - membuang sampah pada tempatnya
          - tidak meludah disembarang tempat
          - memungut sampah yang berceceran
          - melaksanakan piket kebersihan tanpa dikomando
          - merapikan barang tanpa harus ada perintah dari atasan

                                                                                                                                                                                                                                          
yang tidak mengikuti 5R






































































yang mengikuti 5R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar